Monday, 1 July 2013

MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN YOUTUBE


Tekhnologi internet yang telah berkembang pesat memiliki sisi positif yang sangat besar. Aneka informasi dan pengetahuan dapat digunakan untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah situs www.YouTube.com. Dengan pemanfaatan sisi positif dari kemajuan internet guru dapat mengunduh dan menggunakan video-video yang bermanfaat untuk mendukung pembelajaran siswa.

Media video merupakan salah satu jenis media audio visual. Jenis media audio visual lain misalnya film. Tetapi yang akan dibicarakan di sini hanyalah media video. karena media inilah yang sudah banyak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran. Sebagian besar fungsi film sudah bisa digantikan oleh media video.. Pengoperasianya juga jauh lebih praktis. Sehingga tak heran bila media video saat ini lebih populer dan diminati dibandingkan media film. Oleh sebab itu saat ini media video telah banyak diproduk untuk keperluan pembelajaran.

Kemampuan video untuk memanipulasi waktu dan ruang dapat mengajak siswa melanglang buana walaupun dibatasi oleh dinding ruang kelas. Obyek-obyek yang terlalu keci1, terlalu besar atau obyek langka dan berbahaya dapat dihadirkan ke ruang kelas. Bahkan video dapat menghadirkan obyek yang hanya ada di dalam benua dan di luar angkasa. Dengan kata lain, media ini mampu ‘membawa dunia ke dalam kelas’.

Saat ini kita dapat memanfaatkan video pembelajaran gratis yang bisa kita peroleh dari situs YouTube. Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para pengguna.  Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yangamemilikiapluginaFlashaPlayer. YouTube memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya adalah bebasnya video yang bisa diakses oleh pengguna internet dan berisi berbagai macam hal termasuk pornografi dan lain sebagainya, sedangkan kelebihannya adalah kita dapat mengakses berbagai macam video positif yang bermanfaat dalam kehidupan seperti video pembelajaran, video keterampilan, industri dan lain sebagainya. Oleh karena itu dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan video yang sudah diakses dan diunduh (download) oleh guru terlebih dahulu yang kemudian diberikan kepada siswa untuk menghindari pengaruh buruk dari internet.