Monday, 1 July 2013

Manfaat Susu Kedelai dan Potensi Bisnisnya


Baru-baru ini, susu kedelai mulai digemari masyarakat. Selain baik untuk dikonsumsi dari segi kesehatan, susu kedelai juga dapat memberikan peluang bisnis yang bagus karena masyarakat sudah mulai mengetahui manfaat susu kedelai bagi kesehatan.
Komposisi gizi yang terkandung dalam susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Karena itu susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Susu ini baik dikonsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi. Bagi anak dibawah usia lima tahun, dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan protein untuk sehari.
Susu kedelai kaya akan protein nabati yang sehat bagi tubuh manusia. Selain ekonomis dan bernilai gizi tinggi, susu kedelai juga baik bagi kesehatan. Kita dapat membuat susu kedelai sendiri untuk keluarga kita dengan mudah dan higienis. Selain untuk keluarga kita, susu kedelai juga dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan bagi kita. Dengan modal yang tidak begitu besar dapat memberikan keuntungan yang lebih. Adapun bahan-bahan yang perlu kita siapkan adalah:
1.      1 kg kedelai
2.      Air bersih
3.      Gula pasir
4.      Sedikit garam
5.      Daun pandan
Adapun langkah-langkah dalam membuat susu kedelai adalah :
1.      Rendam 2 kg kedelai dengan air bersih dalam wadah yang bersih selama sehari semalam.
2.      Setelah direndam selama sehari semalam, kedelai kemudian dicuci sambil diremas-remas (dipususi), pisahkan kulitnya.
3.      Setelah kedelai bersih kemudian digiling dengan blender dengan takaran 1 gelas kedelai = 1,5 gelas air.
4.      Diblender dengan sampai halus kemudian disaring menggunakan kain saringan yang bersih.
5.      Setelah disaring maka susu kedelai direbus kembali selama 5 – 10 menit dengan ditambah gula, daun pandan, dan sedikit garam.
6.      Rebus sambil diaduk dan jangan sampai meluap.
7.      Setelah mendidih, susu kedelai siap didinginkan dan dikemas.
8.      Pengemasan menggunakan takaran gelas dan diikat dengan karet.
Susu kedelai dapat disimpan dalam freezer kulkas agar tahan lama. Untuk penjualan susu kedelai dapat dipasarkan dengan cara dititipkan di warung-warung atau pasar-pasar terdekat. Warung dan pasar cukup potensial dan menjadikan produk Susu Kedelai dikenal oleh masyarakat. Jika ingin lebih efektif, pemasaran juga dapat dilakukan dengan menjajakan langsung kepada konsumen.