Wednesday, 17 July 2013

Cara Mudah Memotong Foto dan Mengecilkan Ukuran Foto

Sering kali kita mengalami permasalahan dalam meng-upload foto baik di facebook, email, dan lainnya. Hal itu sering kali disebabkan karena terlalu besarnya ukuran foto tersebut. Nah, salah satu solusinya, berikut akan saya disajikan cara mudah memotong foto, meng-compress (mengecilkan ukuran) foto sehingga file foto berukuran besar yang biasanya berasal dari kamera digital atau HP dengan pixel yang bagus. Bagi para pemula yang belum bisa Photoshop, dll, tidak usah bingung, kita gunakan saja program bawaan dari Microsoft yang sudah tidak perlu kita install lagi karena sudah tersedia dalam program Microsoft Office kita yaitu Microsoft Office Picture Manager.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Untuk memotong gambar
1. Klik kanan file foto yang akan kita edit. Pilih opsi Open with Microsoft Office Picture Manager.


2. Klik Edit Pictures
3. Klik Crop, kemudian akan muncul tanda-tanda mirip sudut dan garis strip berwarna hitam.      
    Nah kita boleh menggeser sesuai selera kita dengan cara klik tahan dan digerakkan kemudian 
    lepas.


4. Setelah itu klik Save untuk merubah gambar asli menjadi potongan atau save as untuk  membuat      file baru dan gambar asli tetap utuh.

Setelah di Crop, ukuran akan menjadi lebih kecil. Mudah bukan ? Sekarang cara kita akan membahas trik ke 2 yaitu :
Cara meng-compress (mengecilkan ukuran) file foto
1.  Cara awal sama dengan trik di atas yaitu klik kanan file foto yang akan kita edit. Pilih opsi Open with Microsoft Office Picture Manager. 


2. Setelah gambar terbuka klik Edit Pictures

3. Kemudian pilihlah opsi di sebelah kanan gambar mau dikecilkan untuk ukuran apa, bisa web pages, email messages, dll atau dirubah ukurannya secara manual. Kalau saya bisanya untuk upload di FB atau email cukup ukuran web pages aja karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. kalau sudah klik OK.
 4. Setelah itu klik Save untuk merubah gambar asli menjadi potongan atau save as untuk  membuat      file baru dan gambar asli tetap utuh.

Selamat mencoba... semoga upload picture anda jadi semakin lancar....