Saturday, 6 July 2013

Cara Mencegah Serangan Jantung dan Berbagai Penyakit Lainnya dengan Konsumsi Cukup Air


Air adalah komponen yang sangat dibutuhkan tubuh. Tubuh  manusia 70% terdiri dan air. Air dalam tubuh manusia mempunyai peranan yang sangat penting. Sekitar 80% dari cairan tubuh yang ada berupa darah yang berfungsi sebagai sistem transportasi.
Air ternyata lebih dan sekadar menghilangkan rasa haus, minum 8 -10 gelas air sehari secara rutin dapat membuat berbagai sistem yang terdapat dalam tubuh kita bekerja secara optimal. Sistem tubuh yang dimaksud adalah:
1.        Kulit. Minum cukup air dapat menjaga kelembaban kulit, akibat pengaruh udara panas dan luar tubuh. Air sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit, serta mencegah kekeringan.
2.        Melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot. Sebagian besar cairan yang melindungi dan melumasi  sendj dan otot terdiri dari air. Mengkonsumsi air sebelum, selama atau setelah melakukan aktivitas fisik, berarti meminimalkan resiko kejang otot dan kelelahan.
3.        Menjaga kestabilan suhu tubuh. Kering  adalah  mekanisme alamiah untuk mengendalikan suhu tubuh. Agar dapat berkeringat, tubuh membutuhkan cukup banyak air.
4.        Membersihkan racun. Asupan air yang cukup dapat membantu proses pembuangan racun yang terjadi pada ginjal dan hati.
5.        Menstabilkan pembuangan. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan di dalam usus besar Proses ini akan mencegah gangguan pembuangan (konstipasi), karena gerakan usus menjadi lebih lancar sehingga feses lebih mudah dikeluarkan
6.        Memenuhi kebutuhan cairan tubuh rata-rata dalam sehari, orang dewasa mengalami kehilangan cairan sebanyak 10 cangkir. Pengeluaran cairan ini terjadi melalui keringat, napas, urin, dan feses. Kekurangan cairan tubuh, sekalipun hanya sedikit akan segera menimbulkan gangguan besar, seperti; sulit berkonsentrasi, sakit kepala, lelah, dan gelisah.
7.        Meminimalkan resiko serangan jantung.  Para peneliti dan Universitas Loma Linda, di California, melakukan penelitian tenhadap 20.000 responden (perempuan dan lelaki) dan menemukan bahwa para responden yang minimal minum air lebih banyak dan 5 gelas sehari memiliki resiko kematian akibat serangan atau gangguan jantung yang lebih kecil, dibandingkan responden yang minum lebih sedikit dan 2 gelas per hari.
8.        Meminimalkan resiko infeksi organ dalam tubuh. Konsumsi air yang memadai dapat mencegah pembentukan batu ginjal dan menekan resiko infeksi ginjal, kandung kemih, dan saluran kemih. Hasil penelitian yang pcrnah dilansir JAMA (Journal of American Medical Association) pada akhir tahun 2004, menyatakan bahwa perempuan yang minum 5 gelas air setiap hari cenderung menghadapi risiko kanker usus 45% lebih rendah dibandingkan perempuan yang hanya minum kurang dan 2 gelas per hari.
9.        Memulihkan kondisi tubuh. Asupan air yang memadai ketika sakit, berkhasiat meredakan demam, dan mengganti cairan yang terbuang. Kondisi ini mendukung proses pemulihan.