- Siapkan data-data seperti Kartu Keluarga, dan SK-SK sebelum mengisi.
- Untuk menyimpan Surat Tanda Bukti VerVal Lv. 1 untuk aktivasi PTK, apabila laptop atau komputer tidak terkoneksi dengan printer, tetap klik cetak, pilih tipe printer dengan XPS WRITER, kemudian simpan. Surat Tanda Bukti VerVal Lv. 1 hasil dari XPS WRITER akan tersimpan di komputer anda dan bisa dilihat apabila belum sempat nge print.
- Untuk menghindari kesalahan kode pada saat aktivasi akun PTK buka Surat Tanda Bukti VerVal Lv. 1, blok kemudian copy user id/nuptk, terus di paste di user id di Aktivasi Akun PTK, selanjutnya buka kembali Surat Tanda Bukti VerVal Lv. 1, blok kemudian copy kode aktivasi, terus di paste di kode aktivasi di Aktivasi Akun PTK. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kesalahan persepsi terhadap huruf dengan angka, misalnya antara Nol (0) dan huruf O.
- Usahakan koneksi internet anda lancar, apabila putus-putus akan menyusahkan dalam proses pengerjaan. Lebih baik mengerjakan Verval dengan menggunakan PC daripada laptop, karena dengan menggunakan laptop akan mengalami beberapa kendala yang tidak dijumpai jika menggunakan PC.
- Lebih baik konsentrasi di Verval, jangan nyambi-nyambi buka aplikasi/web yang lain
- Untuk pengisian EDS, dapat kita print out kan file EDS berformat Mic. Word agar para PTK lebih leluasa dalam mengisi dan memudahkan peng entry-an EDS. Adapun EDS bisa di copy kan dari angket EDS dibawah blangko data di bawah ini kemudian di paste kan di M. Word lalu print dan dibagikan ke guru.
- Setelah mempraktekkan pada pengerjaan Vervalm, Masalah tidak munculnya log out dapat kita atasi dengan mudah yaitu dengan menekan tombol F5 pada keyboard agar me refresh dahulu.
- Setelah data rinci terisi kadang kalau dibuka lagi ada beberapa opsi tidak tampil padahal sudah kita isi, tidak usah panik. solusinya bisa kita tekan F5 lagi, pasti akan tampak kembali.
- Nah, yang paling memudahkan pengisian untuk verval level 3 (data yang rumit) adalah, kopi blangko data dibawah ini, terus paste di word, bagikan kepada PTK, diisi dulu blangkonya, barulah kita akan lancar dalam mengisi data rinci verval 3. data dibawah dipilih yang penting diketahui. Selamat mengerjakan. Semoga dapat membantu...
Nama
|
:
|
||
BIO DAN KONTAK
|
|||
Alamat rumah
|
:
|
||
RW
|
:
|
||
RT
|
:
|
||
Kode pos
|
:
|
||
Email
|
:
|
||
No. Telpon rumah
|
:
|
||
Hp
|
:
|
||
Nama suami/istri
|
:
|
||
NIK suami/istri
NIP Suami/istri (bila PNS) |
:
:
|
||
SILAHKAN DIISI BEBERAPA ANAK KALAU MASIH SEKOLAH DIISIKAN SEMUA
|
|||
Nama anak yang sekolah
|
:
|
||
NIK anak masih sekolah
|
:
|
||
Tempat lahir anak masih sekolah
|
:
|
||
Tanggal lahir anak masih
sekolah
|
:
|
||
Jenjang sekolah
|
:
|
||
Tahun masuk
|
:
|
||
KEPEGAWAIAN
|
|||
Sebagai Pegawai
|
|||
TMT di sekolah induk
|
:
|
||
Nomor SK
|
:
|
||
Sebagai PNS
|
|||
NIP
|
:
|
||
TMT PNS
|
:
|
||
Nomor SK
|
:
|
||
Pangkat/Gol terakhir
TMT Gol. terakhir Nomor SK |
:
: : |
||
Gaji Pokok Terakhir
|
:
|
||
Sebagai Pendidik/Guru
|
|||
TMT/ tanggal mulai bertugas
|
:
|
||
Nomor SK
|
:
|
||
Mapel/ Guru Kelas
|
:
|
||
Mapel Lain
|
:
|
||
Nomor sertifikat pendidik
|
:
|
||
Bid. Studi Sertifikasi
|
:
|
||
Penyelenggara
|
:
|
||
Tahun Sertifikat
|
:
|
||
PENDIDIKAN
|
|||
Nama SD
|
:
|
||
Status SD
|
:
|
||
Kabupaten
|
:
|
||
Tahun masuk
|
:
|
||
Tahun lulus
|
:
|
||
Nama Perguruan Tinggi
|
:
|
||
Kabupaten
|
:
|
||
Fakultas
|
:
|
||
Program studi
|
:
|
||
Tahun masuk
|
:
|
||
Tahun lulus
|
:
|
ANGKET EDS :
|
ANGKET EDS
UNTUK VERVAL NUPTK LVL 2
*Petunjuk Pengisian:
PADA PENGISIAN ANGKET EDS, DIPERBOLEHKAN UNTUK MENCENTANG
LEBIH DARI SATU JAWABAN, kecuali untuk pertanyaan dg kode “G.1.11”, “G.2.11”
dan “G.3.27” !
1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
G.1.7
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
- mentaati aturan sekolah mulai dari kelas 1 sampai kelas 6
- tertib dalam antrian
- santun terhadap semua guru di sekolah
- berinteraksi dengan orang lain dengan percaya diri
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
·
menyimak informasi secara tepat dan mampu
menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
2. STANDAR ISI
G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
G.2.5
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
G.2.6
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
G.2.7
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
lingkungannya
G.2.9
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
G.2.10
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
G.2.11
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
G.2.12
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
- membaca
G.2.13
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
3. STANDAR PROSES
G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
G.3.2
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
G.3.3
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
lebih baik
G.3.10
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
G.3.13
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
dan bertanggungjawab
karakter jujur, disiplin,
tanggungjawab, dan menghargai orang lain
disiplin, dan
bertanggungjawab
karakter jujur,
disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
G.3.15
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
G.3.17
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
G.3.18
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
G.3.19
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
G.3.20
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
dan sosial
G.3.27
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
G.3.29
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
4. STANDAR
PENILAIAN
G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
berkesinambungan
keputusan dapat diakses
oleh semua pihak
eksternal untuk aspek
teknik, prosedur, maupun hasilnya
G.4.3
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
jenis instrumen
G.4.6
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
G.4.7
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
G.4.11
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
akhlak mulia
didik
G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
G.4.13
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
G.4.14
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
permasalahan dan
menganalisis masalah, dan mengajukan solusi
mengkomunikasikan
proses penyelesaian masalah/pembuatan produk
G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
G.4.20
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
5. STANDAR PTK
G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
utuh
paham
G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
6. STANDAR PENGELOLAAN
G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
G.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
G.6.10
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
G.6.11
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
G.6.27
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
G.6.28
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
7. STANDAR SARANA
DAN PRASARANA
G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
G.7.16
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
G.7.17
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
G.7.18
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
No comments:
Post a Comment