Tekhnologi internet yang telah berkembang
pesat memiliki sisi positif yang sangat besar. Aneka informasi dan pengetahuan
dapat digunakan untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah
situs www.YouTube.com. Dengan pemanfaatan
sisi positif dari kemajuan internet guru dapat mengunduh dan menggunakan
video-video yang bermanfaat untuk mendukung pembelajaran siswa.
Media video merupakan salah
satu jenis media audio visual. Jenis media audio visual lain misalnya film.
Tetapi yang akan dibicarakan di sini hanyalah media video. karena media inilah
yang sudah banyak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran. Sebagian besar
fungsi film sudah bisa digantikan oleh media video.. Pengoperasianya juga jauh
lebih praktis. Sehingga tak heran bila media video saat ini lebih populer dan
diminati dibandingkan media film. Oleh sebab itu saat ini media video telah
banyak diproduk untuk keperluan pembelajaran.
Kemampuan video untuk memanipulasi waktu dan
ruang dapat mengajak siswa melanglang buana walaupun dibatasi oleh dinding
ruang kelas. Obyek-obyek yang terlalu keci1, terlalu besar atau obyek langka
dan berbahaya dapat dihadirkan ke ruang kelas. Bahkan video dapat menghadirkan
obyek yang hanya ada di dalam benua dan di luar angkasa. Dengan kata lain,
media ini mampu ‘membawa dunia ke dalam kelas’.
Saat ini kita dapat memanfaatkan video
pembelajaran gratis yang bisa kita peroleh dari situs YouTube. Menurut
Wikipedia bahasa Indonesia, YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna
dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video
buatan para pengguna. Format yang
digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah
web yangamemilikiapluginaFlashaPlayer. YouTube memiliki kekurangan dan
kelebihan. Kekurangannya adalah bebasnya video yang bisa diakses oleh pengguna
internet dan berisi berbagai macam hal termasuk pornografi dan lain sebagainya,
sedangkan kelebihannya adalah kita dapat mengakses berbagai macam video positif
yang bermanfaat dalam kehidupan seperti video pembelajaran, video keterampilan,
industri dan lain sebagainya. Oleh karena itu dalam penelitian tindakan kelas
ini menggunakan video yang sudah diakses dan diunduh (download) oleh guru
terlebih dahulu yang kemudian diberikan kepada siswa untuk menghindari pengaruh
buruk dari internet.
No comments:
Post a Comment