Thursday, 19 September 2013

Cara Mudah Membakar Data ke CD


Mengkopi CD atau Membakar Data Ke CD/DVD mugkin banyak yang mengalami kesulitan, apalagi jika tidak ada software semacam Nero, Clone CD, dll pada komputer/laptop kita. Bahkan ada yang belum tau membakar/burning data atau file ke Media Penyimpanan dalam bentuk CD.  Caranya adalah :

1. Sebelumnya siapkan dulu CD/DVD kosong
2. Kedua Adalah Komputer Atau Laptop Harus Mempunyai Pemutar CD atau DVD yang Rewitable, Ektensinya bertuliskan CD-RW atau DVD-RW kalau Tulisan pemutar CD atau DVD anda adalah CD-ROM atau DVD-ROM. Disini kita gunakan untuk OS Windows 7, bagi OS lain caranya hampir sama.
3. Masukan CD atau DVD kosong maka akan muncul auto run, Kemudian Pilih Burn File To Disk, Bila tidak Muncul Auto Run Seperti Gambar bisa di klik di Windows Explorer Kemudian pilih DVD atau CD-RW.
4. Setelah di Klik Burn akan Muncul jendela, biarkan saja (Default pada Disk Title) Kemudian Pilih With a CD/DVD Player dan Next.
5. Copy File yang ingin anda bakar, di paste di drive CD/DVD.  Kemudian Klik kanan pilih Burn to Disk.
Silahkan dinamai tapi jangan panjang-panjang. Tentukan kecepatan pembakaran (kalau tidak mau repot biarkan / default aja). Akan tetapi saya sarankan pilih 4x karna file dan CD lebih awet dan tidak cepat rusak, Bila gagal ulangi cara diatas dan pilih 10x saja. Karna ada CD yang tidak mau di burn pada kecepatan 4x. kemudian klik Next. dan tunggu sampai ter Eject/keluar dengan sendirinya.

Cukup simpel kan. Kita tidak perlu susah-susah mendownload/memakai software atau aplikasi burning/pembakar CD/DVD yang memakan waktu dan bandwith. Try and Keep Smile ya...